Senin, 05 November 2012

SEPUTAR TEKNIK SIPIL

Untuk kali ini saya akan berbagi informasi tentang Teknik Sipil. Di lingkungan saya belum banyak yang tahu tentang program Teknik Sipil ini, mereka menganggap jika mempelajari / sekolah di bidang ini hanya percuma saja, karena mereka pikir nantinya hanya akan menjadi kuli bangunan saja. Tetapi dari yang saya tahu, pendapat itu adalah salah besar. Saya adalah salah satu siswa SMK yang mempelajari Teknik Sipil, awalnya saya juga berfikir demikian tetapi setelah saya masuk kedalamnya, ternyata prospek kedepannya sangatlah menguntungkan. Banyak hal yang bisa dipelajari dari Teknik Sipil ini dan juga ada banyak peluang kerja yang bisa diambil. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini saya akan menampilkan seputar program Teknik Sipil.




Teknik sipil adalah sebuah cabang ilmu teknik yang berhubungan dengan pembangunan infrastruktur untuk menunjang kehidupan manusia dari masa lalu sampai kini. Teknik sipil adalah profesi tertua kedua didunia. Sebagaian contoh dari bangunan-bangunan infrastruktur teknik sipil meliputi rumah untuk tinggal, gedung tinggi, anjungan lepas pantai, tower listrik, dam, saluran irigasi, pelabuhan, jembatan, jalan, rel kereta api dan lain-lain. Sebagaimana bisa dilihat dari contoh-contoh yang disebutkan, ilmu teknik sipil mempunyai cakupan yang cukup luas. Karena itu pada umumnya bidang teknik sipil biasanya dibagi-bagi lagi menjadi beberapa sub-bidang keahlian, diantarannya:
  • Bidang keahlian struktur
  • Bidang keahlian transportasi
  • Bidang keahlian geoteknik
  • Bidang keahlian sumber daya air
  • Bidang keahlian manajemen rekayasa konstruksi
  • Bidang keahlian rekayasa sistim bangunan (building system engineering)
  • Bidang keahlian informatika sipil
Dibawah ini, akan coba kita jabarkan berbagai bidang keahliah yang ada di teknik sipil:
  • Bidang keahlian struktur biasanya berhubungan kekuatan, keamanan dan stabilitas dari suatu insfrastruktur atau bangunan. Jadi tugas seorang ahli struktur adalah merencanakan dan menghitung rangka-rangka utama dari suatu bangunan insfrastruktur sehingga bangunan itu kuat, aman, stabil dan tidak lupa ekonomis. Beberapa hal-hal utama yang dibahas dalam bidang struktur termasuk perencanaan beton bertulang, perencanaan beton prategang, perencanaan struktur baja, analisis struktur, perencanaan struktur akibat beban gempa dan juga angin, perencanaan gedung, perencanaan jembatan dan lain-lain. Didalam bidang struktur juga dibahas tentang perilaku dari bahan-bahan yang biasa digunakan untuk bangunan infrastruktur seperti beton, baja dan kayu. Adalah tanggung-jawab dari seorang ahli struktur untuk mengetahui bahan mana yang sesuai untuk digunakan dalam sebuah proyek pembangunan infrastruktur.
  • Bidang keahlian transportasi biasanya membahas mengenai masalah yang berhubungan dengan planning, perencanaan, dan operasi dan manejemen sarana transportasi seperti jalan raya, rel kereta, bandar udara, pelabuhan dan lain-lain. Ilmu-ilmu yang perlu dipelajari biasanya meliputi penentuan geometri jalan, perencaan dari perkerasan jalan, sistim transportasi dan juga mengenai pengelolaan dan manajemen dari sarana transportasi.

  • Bidang keahlian geoteknik adalah bidang yang berhubungan dengan fondasi dan tanah yang mendukung fondasi. Fondasi adalah bagian dari bangunan yang paling bawah yang didisain untuk menerima beban dari struktur diatasnya. Tercakup dalam bidang ini adalah penyelidikan tanah untuk mengetahui jenis, daya dukung dan kedalaman lapisan keras atau batuan dari suatu daerah.


  • Bidang keahlian sumber daya air adalah bidang yang berhubungan dengan air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Masalah utama yang dibahan dalam bidang ini meliputi hidrolika (permukaan dan bawah tanah), mekanika fluida, irigasi dan waduk atau bendungan.



  • Bidang keahlian manajemen rekayasa konstruksi adalah bidang yang berhubungan dengan pelaksanaan sebuah proyek konstruksi atau pembangunan seperti penjadwalan pekerjaan, pengorganisasian proyek, perhitungan biaya konstruksi, dan lain-lain untuk menjamin sebuah proyek selesai tepat waktu dan ekonomis.



  • Bidang keahlian rekayasa sistim bangunan (building system engineering) adalah bidang yang berhubungan dengan efisiensi energi dibangunan komersial dan industri dan juka penggunaan energi terbarukan. Bidang ini biasanya membahas masalah manajemen energi, bangunan intelegensi, pengolahan bangunan, energi terbarukan dan juga pemodelan dari pergerakan energy dibangunan.


  • Bidang keahlian informatika sipil merupakan bidang baru yang menggabungkan bidang sipil dengan informatika. Karena dijaman moderen ini, banyak sekali bidang-bidang teknik sipil yang berhubungan erat dengan bidang informatika terutama dibidang perhitungan numerik. Sebagai contoh, aplikasi metoda elemen hingga biasa ditemukan untuk analisis struktur, analisis daya dukung tanah, hidrolika, mekanika fluida dan lain-lain. Sebelum dibentuk bidang ini, biasanya penggunaan perhitungan numerik cukup dilakukan oleh ahli teknik sipil. Akan tetapi dengan semakin rumitnya masalah yang dihadapi dalam bidang teknik sipil seperti mencoba menganalisa perilaku bahan baru yang belum pernah digunakan sebelumnya. Ini memerlukan teknik perhitungan numerik yang cukup rumit sehingga diperlukan bantuan dari ahli imformatika. Hal-hal yang dibahas dalam bidang ini termasuk teknik perhitungan numerik seperti metode elemen hingga (finite element method), metode perbedaan hingga (finite difference method), dan metode volume hingga (finite volume method). Juga dibahas adalah metode pemograman untuk membuat program-program seperti yang disebutkan diatas dan penggunaan CAD (Computer Aided Design) untuk mendukung dan mempermudah pelaksanaan sebuah proyek.
Prospek jurusan teknik sipil selalu menjanjikan dari tahun ke tahun. Dianalogikan semakin banyak manusia yg lahir maka semakin banyak pula gedung/rumah yang akan dibangun. Maka pembangunan akan terjadi terus menerus. Bahan-bahan untuk bangunan juga akan berkembang pesat, genting dari tanah menjadi polimer, rangka kayu menjadi galvalum dll.


Ini ada videonya, dilihat aja :
 

Adapun profesi yang sangat erat berhubungan dengan bidang ketekniksipilan antara lain :
  • Konsultan (perencana, pengawas),
  • Kontraktor
  • Quality control
  • Peneliti
  • Supervisor
  • Developer
  • Surveyor pemetaan
  • Pendidik 


   Sudah ada banyak bangunan-bangunan canggih di dunia ini, hampir semua bangunan-bangunan itu dikerjakan oleh orang teknik sipil. Di Indonesia salah satunya adalah Jembatan Suramadu.
Proyek suramadu ini melalui jalan yanag panjang dalam perencenaannya, mulai dari awal digagasnya pada sekitar tahun 1960-an. Pada ekitar tahun itu hanya berupa gagasan, sehingga masih belum ada tindakan yang akan mengarah ke sana. Namun pada akhirnya proyek itu pun segera dilakukan tindakan, yang kemudian bekerja sama dengan negara lain seperti Cina dan Jepang untuk pembangunan jembatan ini.

Gagasan awal yang muncul adalah tentang keinginan menghubungkan tiga pulau besar di Indonesia, yang kali ini idenya mengambil ide berupa, menghubungkan pulau sumatra jawa dan bali sekaligus madura.
Kemudian bersama tim dari negara lain yang ikut membantu, melakukan survey ke beberapa tempat yang mungkin dalam proses pembangunan ini. Dihasilkan yang mungkin dibangun terlebih dahulu adalah jemabatan yang menghubungkan pulau Jawa dan Madura, yang dalam hal ini Jawa akan ditempatkan di kota Surabaya dan Madura di Bangkalan.
Sehingga dari sinilah muncul nama jembatan Suramadu. Perumusan perencanaan mulai dari gagasan awal hingga pembutan design dan pembanguanannya membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang dan bisa dibilang merupakan sejarah panjang dalam pembuatannya. Proyek jembatan ini dikomunikasikan kesana kemari hingga dikonsultasikan kepada para ahli konstruksi dari negara-negara maju seperti Cina dan Jepang, hingga akhirnya mereka mau mengirimkan para ahlinya untuk membantu dalam survey pembangunan jembatan ini. Jembatan yang termasuk kedalam Mega Proyek Nasional yang membutuhkan banyak waktu dan dana.

         Proyek jembatan ini memiliki jangkuan scope nasional, karena ini merupakan grand design dari proyek Pemerintah Negara Repubulik Indonesia yang ingin menyatukan pulau-pulau besar di Indonesia. Jembatan ini dibangun dengan panjang hingga 5 km, menurut data statistik yang ada, panjang jembatan ini di klaim merupakan jembatan terpanjang ketiga se-Asia tenggara setelah jembatan Penang Bridge di Malaysia dan Mawlamyaing bridge di burma, dengan nilai panjang jembatan suramadu 5,43 km (wong165). dengan Ruang lingkup nasional, proyek jembatan ini ditangani langsung oleh pihak pemerintah pusat Indonesia. Dengan meminta bantuan dari para ahli dari negara-negara lain yang bersedia membantu.

       Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek jembatan suramadu ini mencapai hingga 20 tahun dimulai pembuatan mockupnya pada tahu 1990 hingga pemancangan tiang pertama pada tahun 2003 oleh presiden Megawati. Dan kemudian diresmikan penggunaannya pada tahun 2009. Dengan menghabiskan waktu yang selama itu, sudah merupakan hal yang wajar saja, mengingat tingkat kerumitan dan biaya proyek yang tidak sedikit. Berbicara masalah budget, dalam proyek ini total akhir membutuhkan dana 4,5 triliun. Dana sebesar ini membengkak dari biaya asli yang ditaksir senialai 4,2 triliun. Hala ini terjadi karena perubahan tinggi tiang pancang yang bertambah dari 45 meter menjadi 90 meter. Pemasukan biaya yang didapat sebesar ini 55 persen dari pemerintah Indonesia dan 45 persen sisanya didapat dari pinjaman negara cina, sehingga dalam pembangunan jembatan ini pemerintah Indonesia harus berhutang 2,1 triliun kepada negara Cina.



 VIDEO PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU




Sekian dulu dari saya, jka ada kata-kata yang tidak berkenan saya mohon maaf, semoga pstingan saya ini bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih atas kunjungannya.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.